Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kendala menggapai target visitor web yang organik, visitor dari google.

"..Pak, tembus juga Alhamdulillah."
"..Apanya kang rendi?.." jawabku
"..ini kata kunci mushofahah, nangkring di halaman pertama google.."
"..wah iya kang, selamat selamat.."

Sebuah percakapan yang menggembirakan dengan Kang Rendi selaku pengelola web dari Pondok Pesantren Al Masda Rancamaya, dimana blog ini juga ikut subdomain ke sana.


Tangkapan layar diatas menunjukkan bahwa untuk kata kunci "mushofahah", web almasda.or.id menempati urutan nomor 3 di halaman pertama google.

Seketika setelah menerima kabar tersebut, aku memberanikan diri untuk meminta sebuah subdomain dari Kang Rendi. Alih-alih menulis di web utama, aku memilih untuk menjadi bagian namun sebagai penulis di sub domain. Lebih leluasa pikirku.

Menjadi nomor 1 di google bukanlah hal yang mudah, karena harus bersaing ketat dengan situs web yang umurnya sudah lama pun sudah memiliki rangking baik menurut kacamata situs pencarian google.

Beberapa kendala yang dialami situs baru untuk nangkring di halaman google, kendala dalam menggapai target visitor web secara organik sebagai berikut;

1. Situs web belum dikenali oleh mesin pencari, sehingga dianjurkan untuk mendaftarkan dimana berkemungkinan akan diindex lebih cepat.

2. Untuk kata kunci tertentu sudah di kuasi web web besar, dan kemungkinan mengalahkannya adalah cuma 1%.

3. dan yang terakhir, apabila dipaksa untuk menyajikan keyword yang sama, maka diperlukan effort atau usaha yang lebih keras, semisal dengan pengolahan kata yang lebih lengkap dibandingkan artikel-artikel sebelumnya yang sudah ada di situs pencari.

Pun sebagaimana sub domain ini, yang belum ada 1 bulan umurnya. Lalu apa yang aku usahakan? 

Adalah dengan menulis apa adanya tanpa riset kata kunci terlebih dahulu, sebenarnya ini hal konyol namun apa boleh buat yang penting menerbitkan konten dan rutin. Itu saja.

Yang lebih penting lagi, setiap postingan yang aku terbitkan, setidaknya judul postingan masuk ke halaman google.

Contoh :
Coba sobat pembaca ketikkan di google dengan kata kunci;

Dolanan Game Growtopia
Menabung untuk foya-foya
Alokasi uang 1 milyar
Surat undangan perpisahan MA
Tembakau tanpa cengkeh
Bonsai sebagai aset masa depan.
Misteri transfer anonim

Kata kunci di atas, pada saat ini alhamdulillah menampilkan hasil yang memprioritaskan blog ini, dan tidak ada jaminan untuk hari-hari selanjutnya. Boleh jadi hilang boleh jadi tetap ada di halaman awal google.

Meski aku tahu beberapa keyword diatas memang nongol di pejwan google, namun ada tidak netter yang berseluncur untuk mencari keyword diatas? Jangan-jangan tidak ada sama sekali yang mencari kata kuncinya.. chuaaaks.

Oke semisal ada yang mencari, pertanyaannya ada berapa banyak dalam satu hari atau dalam satu bulan? hmmm 

Yah begitulah kendala sebagai blogger ketika ingin membidik pengunjung web dengan cara organik. 

Di akhir postingan, aku ingin mengucapkan terimakasih kepada Kang Rendi Al Masda, dimana telah memberikan subdomain.. Makasih yaa.

Salam Selamat.

Posting Komentar untuk "Kendala menggapai target visitor web yang organik, visitor dari google."